Pin It

07 June 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:32

Potret Buram Pendidikan, Murid Tak Lagi Hormati Guru

Meskipun agak telat, saya sebagai anak seorang pendidik gregetan juga melihat foto siswi SMP melecehkan gurunya yang beredar di Facebook. Akhirnya kepingin ikut menulis mengenai potret buram dunia pendidikan kita. Padahal kita semua mengerti, pada dasarnya pendidikan itu kan bertujuan untuk memanusiakan manusia. Pendidikan lazimnya memberikan implikasi terhadap karakter siswa menjadi lebih baik, santun dan terdidik. Namun berbeda dengan sikap siswi dalam gambar yang beredar di Facebook baru-baru ini. Guru yang bertugas mendidik, mengajar dan mengayomi tak digargai sama sekali oleh muridnya dan parahnya lagi pelakunya cewek abg berseragam SMP.


Dengan seragam putih biru siswi tersebut menembakkan dasi kepada gurunya. Dia juga nampak mengancam gurunya dengan tangan terkepal. Tidak hanya itu, siswi berseragam SMP ini juga memunggungi gurunya seraya memberikan bokong.

Melihat foto abg smp di facebook ini saya sangat prihatin dan mengecam perbuatan siswi abg smp yang tidak santun pada gurunya. Ketika saya sekolah dulu saya paling takut sama guru, setiap ketemu selalu menyapa siang pak, pagi bu. Sangat berbeda dengan abg zaman sekarang yang serba gadget namun tak punya etika.

Dalam pandangan saya, sikap siswi tersebut sangat tidak bermoral. Bisa jadi akibat dari pelajaran pendidikan moral di sekolah dihilangkan. Yang merasakan efeknya adalah guru yang mengajar murid-murid seperti ini bukan pemerintah atau Kementerian Pendidikan. Kira-kira hukuman apa yang wajar diberikan untuk murid seperti ini? Adakah yang teriak HAM membela sang guru yang dilecehkan muridnya ini? Paling-paling yang biasa terjadi justru ketika guru yang dilecehkan siswanya dan bertindak agak kasar justru dilaporkan ke polisi oleh Komnas Perlindungan Anak, miris kan....
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers