Pin It

28 May 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 12:50

Cara Mengemudikan Truck Tronton Untuk Pemula

Bagi pengemudi truck tronton pemula pasti berpikir dan membayangkan bagaimana repotnya mengendarai truck tronton macam Isuzu Giga 285 PS seperti foto dalam artikel ini. Maklum, dimensi truck sangat panjang dan lebar. Total panjang 11,960 mm, dan lebar 2,495 mm, serta jarak sumbu roda 7,335 mm. Untuk masuk kabin sedikit repot. Maklum saja tinggi lantai truck ini hampir 1 meter di ukur dari tanah.


Tips Trik Naik Ke Ruang Kemudi Truck Tronton

Untuk naik ke ruang kemudi truck tronton harus dengan tata cara yang baik dan benar. Guna mencapai ruang kemudi kendaraan berukuran besar macam truck tronton, ada tips dan trik tersendiri baik untuk pengemudi ataupun penumpangnya. Hal itu karena truck besar berkapasitas puluhan ton, memiliki bobot dan tinggi yang melebihi manusia.

Cara menaiki ruang kemudi big vehicle macam truck tronton sebagai berikut. Pertama, pijakan salah satu kaki pada velg roda truck bersamaan kedua tangan memegang handel yang terdapat pada bingkai pintu. Lalu dilanjutkan dengan peletakan kaki sebelah pada pijakan kaki truck. Usai itu, Anda pun sudah berada di ruang kemudi truck tronton.

Orientasi Di Dalam Kabin Truck Tronton

Setelah masuk kabin truck, saya yakin banyak pegemudi pemula yang takut karena besarnya dimensi kabin truck. Namun perlahan rasa takut sirna, ketika tiba giliran duduk di belakang kemudi. Ruang pandang begitu lapang. Kabin truck sangat lega dan jangkauan spion begitu luas meski truck tronton berukuran panjang.


Saat dibelakang kemudi, terbayang harus melakukan operasi pindah gigi lebih sering. Sebab truck tronton dikenal dengan jumlah gigi yang banyak, seperti truck Isuzu Giga 10 Speed ini. Namun menurut para pengemudi truck tronton berpengalaman macam pakdhe Agus (Rembez Dicaprio), pakdhe Joko Londo dan om Dhidhi WP sebenernya sama saja dengan membawa mobil kecil. Menurut para pengemudi truck tronton diatas, setiap masuk kabin wajib orientasi sebentar, apapun merk dan jenis trucknya. Atur posisi jok serta pasang safety belt. Setelah itu perhatikan dan pelajari panel mater, lampu kontrol indikator dan juga tongkat presneling.

Cara Mengendarai Truck Tronton

Bagi para sopir truck tronton senior tentunya sudah tahu bagaimana cara mengemudikan truck bermuatan berat di jalan raya maupun medan-medan berbahaya. Namun bagi pemula, jika akan mengendarai truck tronton, pastikan unit kendaraan dalam keadaan baik dan terkontrol atau ready for use dengan mengecek semuanya terlebih dahulu. Tidak kalah penting patuhilah peraturan lalulintas dan jalan raya.

bagi para pengemudi truck tronton pemula mungkin ada yang belum dalam beberapa hal. Perlu kita ketahui bahwa mengemudikan kendaraan bermuatan berat tidak sama dengan kendaraan penumpang maupun kendaraan pribadi. Truck tronton merupakan kendaraan pengangkut barang berat yang hanya bisa dikemudikan oleh sopir yang memiliki skill atau keahlian khusus.

Mengemudikan Truck Tronton Di Tanjakan

Jika anda seorang pemula dan sedang mengemudikan truck tronton dengan muatan berat dan akan melewati sebuah jalan menanjak atau tanjakan curam dan cukup panjang, maka anda harus ekstra hati-hati. Karena jika mesin anda tidak kuat atau anda terpergok oleh kendaraan lain di tengah tanjakan, maka sangat mungkin truck tronton yang anda kemudikan mengalami mesin mati sehingga akan mundur ke belakang. Resikonya? Bisa fatal. Dan ini Video Truck Tronton Hino Sedang Menanjak Menggunakan Gigi Kura-Kura Yang Di Kemudikan Pakdhe Agus (Rembez)


Caranya, sebelum naik ke tanjakan berbahaya tersebut persiapkanlah gigi perseneling pada posisi gigi satu atau bila masih kurang bisa gunakan gigi C atau Kura-kura pada Hino. Setelah itu nyalakan lampu bahaya dan mulailah menanjak dengan hati-hati sambil mengikuti irama mesin. Jangan sampai mesin mati di tengah tanjakan. Perhatikan jalan di depan dan jaga jarak aman. Selama menanjak usahakan jangan ada kendaraan lain yang menyalip anda dan tahu-tahu berada di depan anda dengan jarak yang sangat dekat. Ini bertujuan agar kendaraan anda tetap bergerak naik walaupun perlahan dan jangan sampai berhenti sebelum tanjakan selesai.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    2 Responses to "Cara Mengemudikan Truck Tronton Untuk Pemula"

    1. Kalau mesin mati di tanjakan, bukan kah truk, apalagi truk modern, juga dilengkapi rem tangan yg kuat ? Rem kaki mungkin masih berfungsi 2 injakan seperti mobil pribadi ?
      Bagaimana kalau memang harus berhenti di tanjakan, karena macet atau di traffic light ? Bukan kah rem tangan dibuat utk itu ?

      ReplyDelete
    2. Krg lngkap tutorialnya

      ReplyDelete

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Followers