Pin It

23 January 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 00:27

Otak Manusia Mampu Simpan Data Hingga 1 Juta Gigabyte

Semua orang pasti medambakan smartphone dengan memori internal kapasitas besar, misalnya 32GB, 64GB, atau 128GB. Tapi tahu kah Anda bila otak manusia mempunyai kemampuan menyimpan data jauh melebihi itu? Berdasarkan penelitian dari Terry Sejnowski, Profesor dari Institut Salk, Amerika, terungkap bila total otak manusia mampu menyimpan data hingga kapasitas 1 juta Gigabyte! Angka ini 10 kali lipat lebih besar dari hasil penelitian sebelumnya.


Menurut Sejnowski, satu sinapsis (penghubung antara sel saraf) pada otak mampu menyimpan 4,7 bits data, sementara otak manusia biasanya mempunyai 1000 triliun sinapsis. Alhasil, Sejnowski mengkalkulasikan kapasitas otak sebanyak 1 petabyte atau 1 juta byte.

Sebagai perbandingan, data dari berbagai dunia yang diproses oleh Google setiap harinya mencapai 20 petabyte. Ilmuwan sendiri memperkirakan seluruh karya tulisan umat manusia dari awal sejarah sampai saat ini, dari semua bahasa, bila dikumpulkan setara dengan 50 petabyte. "Ini adalah data yang sangat mengejutkan di dunia neurosains," ujar Sejnowski.

Lebih lanjut, penelitian Sejnowski yang meliputi kerja otak secara detail itu juga membuka pintu bagi perusahaan teknologi untuk mengembangkan komputer supercanggih yang hemat energi, seperti halnya otak manusia. "Cara kerja otak adalah kunci untuk menciptakan desain komputer yang lebih baik," tambah Sejnowski.

Sumber: Daily Mail
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers