Pin It

04 January 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 00:09

Caraku Irit BBM Kendaraan Dengan Modal Rp 2000 Dan Ini Sangat Dianjurkan Pabrikan

Malam ini sembari istirahat sambil ngopi Widodo Groho Blog akan berbagi tips dan trik untuk menghemat BBM untuk kendaraan kesayangan Anda. Syaratnya tidak mahal dan hanya bermodalkan uang sekitar Rp 2000 saja, Anda bisa menghemat penggunaan BBM dan ini sangat di anjurkan pabrikan motor maupun mobil. Bagaimana caranya?


Cara saya adalah pergi ke tukang pompa ban atau tukang tambal ban. Kemudian pompa ban motor atau mobil dengan kapasitas yang sesuai dengan anjuran. Bagaimana bisa, cuma begitu kok jadi irit?

Penjelasannya adalah ban yang sudah dipompa dengan kapasitas ideal, akan berputar dengan sempurna. Sebaliknya, ban dengan kondisi yang kurang angin akan menjadikan tarikan motor atau mobil menjadi berat dan otomatis motor atau mobil jadi 'ngotot'.

Lantas bagaimana mengetahui kapasitas ideal ban? Pada dasarnya, setiap pabrik ban sudah memiliki kapasitas ideal sendiri, tergantung merek. Itu bisa dilihat dari kode-kode pada ban. Tunjukkan saja angka tersebut pada tukang pompa ban, tapi biasanya tukang ban sudah paham kok.

Memang sebenarnya tidak bisa diukur berapa persen efisiensi bahan bakarnya, namun ini akan berpengaruh. Namun secara teori, tekanan angin yang tepat membuat daya cengkram ban ke aspal makin baik. Nah, daya cengkram ban yang bagus ini membuat tenaga dari mesin bisa disalurkan sepenuhnya ke putaran roda. Selain itu juga aman dan nyaman tentunya....

Selamat mencoba!
Oh ya baca juga Ini Cara Mengendarai Motor Agar Irit BBM Di Sini
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers