Pin It

27 November 2015

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:07

Aku Yang Terkalahkan Oleh Kepentingan Sesaat

Selama ini aku memang terkalahkan Terus. Ya, aku sadar bahwa selama ini aku tidak mengalah, tetapi terkalahkan.Terkalahkan oleh kepentingan-kepentingan sesaat. Terkalahkan karena kepentinganku maupun kepentingan orang lain dan itu terjadi ketika kepentingan orang lain bertemu dengan kepentinganku sendiri.



- Ketika aku menjadi seorang pekerja, urusan mengalah menjadi begitu alami, begitu natural bagi diriku. Bukan karena kemauanku, tetapi karena keadaanku.

- Ketika aku menjadi seorang pedagang, seorang pengusaha, aku mentolerir para pejabat yang korup. Aku mengalah. Mau bagaimana lagi? Jika tidak mengalah, tidak mentolerir mereka, usahaku akan dirongrong, perizinan akan dipersulit.

- Ketika menjadi pejabat, aku mengalah pada kelompok-kelompok radikal karena aku butuh mereka saat pemilu. Aku juga tidak mau mereka digunakan oleh lawan politik jika aku tidak merangkul mereka, lawanku akan merangkul mereka. Kelompok-kelompok radikal itu mencelakakan negara. Mereka menciptakan kegaduhan. Tapi, apa boleh buat?

- Ketika aku menjadi seorang pemikir, aku pun terpaksa mengalah terhadap sekian banyak orang. Mengapa? Karena aku takut digebuki orang-orang yang tidak bisa menerima pandangan-pandanganku. Aku juga mengalah kepada media. Jika kubeberkan pemikiranku sebagaimana adanya maka media tidak mau menyebarluaskannya.

Aku terheran-heran dengan kesadaranku sendiri. Dari mana kuperoleh? Aku tidak sedang beribadah, tidak mengucapkan mantra, tidak menyalakan lilin atau membakar dupa. Tidak ada bisikan dari siapa-siapa, tidak ada wangsit, wahyu, maupun ilham. Kesadaran ini muncul dari dalam diriku sendiri.

Ya, kesadaran yang kumaksud adalah bahwa selama ini aku selalu terkalahkan oleh berbagai urusan. Tidak pernah mengalah.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers