Pin It

29 April 2015

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:42

Surat Axl Rose Untuk Presiden Jokowi

Keputusan Joko Widodo atau yang biasa dikenal dengan Jokowi untuk memberikan hukuman mati kepada narapidana pengedar narkoba ternyata banyak memancing komentar dari berbagai pihak. Bukan hanya kalangan elit politik seperti Presiden Prancis saja yang angkat bicara dan mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Indonesia, para seniman musik pun akhirnya berkomentar juga tentang hal ini. Salah satu musisi dunia yang akhirnya angkat bicara adalah vokalis Guns N Roses, Axl Rose. Penyanyi nyentrik yang khas dengan suara melengkingnya itu meminta belas kasihan Jokowi untuk memberikan pengampunan kepada para narapidana melalui sebuah surat terbuka. Surat tersebut ditulisnya pada tanggal 27 April 2015 lalu dan diunggah di Official Fanpage dari Guns N Roses, hingga kini posting surat terbuka tersebut telah mengundang 4.828 like dan di-share sebanyak 774 kali. Surat tersebut di muat juga di majalah Rolling Stone. Surat ini ditulis tepat sebelum Andrew Chan dan Myuran Sukuraman yang disebut Bali Nine dijatuhi hukuman mati pada dini hari tanggal 29 April 2015.




Berikut isi surat dari Axle Roses untuk Presiden RI Joko Widodo yang telah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia:


27 April, 2015

Presiden Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia
Istana Merdeka
Jakarta Pusat 10110, Indonesia


Bapak Presiden,

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca surat ini. Pada 2012 saya dan Guns N 'Roses telah beruntung dan mendapat keistimewaan untuk tampil di negara Anda, di Jakarta bagi masyarakat Indonesia, di mana kita menikmati dan terkejut dengan kehangatan yang luar biasa dari fans Indonesia selama pertunjukan kami, dan dalam memenuhi keinginan penggemar dan orang-orang dimanapun kami pergi. Itu adalah pengalaman yang sangat istimewa dan menyenangkan yang kami beruntung bisa memilikinya sebagai kenangan sebagai indah. Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada negara Anda telah menunjukkan kepada kami kehangatan dan keramah-tamahan yang tulus.

Perhatian utama atas korespondensi ini sehubungan dengan eksekusi yang akan dijatuhkan kepada Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dari kelompok yang disebut Bali Nine dan Mary Jane Fiesta Veloso. Dalam mengikuti kisah mereka dalam komentar tertentu yang dibuat tentang mereka oleh Jaksa Agung Indonesia bahwa upaya mereka dan orang-orang dari wakil-wakil mereka melalui pengadilan "hanyalah mengulur-ulur waktu", saya merasa dengan segala hormat, terpaksa bertanya mengapa seorang pejabat pemerintah mengejek upaya orang yang mencoba untuk menyelamatkan hidup mereka sendiri atau kehidupan orang lain melalui jalur hukum yang tepat? Dan jika atau mengapa pemerintah Indonesia membenarkan komentar seperti itu dari para pejabatnya?

Karena ketiganya masih hidup, ini jelas bukanlah kasus di mana tidak ada yang bisa atau harus dilakukan oleh orang-orang yang peduli untuk melakukan yang terbaik dalam upaya untuk mengadili mereka. Dalam keadaan tersebut, dapat terlihat bahwa jika mereka dieksekusi, patut disayangkan bila pemerintah Indonesia menjadi kriminal yang lebih ofensif.

Saya memohon Anda Bapak Presiden, Bapak Joko Widodo untuk menggunakan kekuatan Anda dalam cara-cara untuk memperkuat hubungan internasional antara negara Anda dan negara lain, untuk menunjukkan kekuatan negara Anda dan memungkinkan dunia untuk menyaksikan tindakan kemanusiaan yang luar biasa dan keberanian Anda dan negara Anda.

Untuk menunjukkan kepada diri kita masing-masing bahwa masih ada harapan dan penebusan yang benar pada saat kehilangan harapan dan putus asa, bahwa rehabilitasi dan mengubah hidup seseorang bukan hanya di satu tempat, setelah mati yang mungkin ada atau diyakini oleh seseorang, tapi di bumi ini setiap kita dapat melakukan yang paling baik dalam hidup yang sekarang ini. Dimana keadilan sejati lebih baik dicapai dengan tidak membunuh, tidak mengakhiri kehidupan seseorang dan tidak merusak orang lain, tetapi dalam kasus ini, situasi ini, sekarang pada saat ini di tangan Anda dengan menyelamatkan kehidupan dua pemuda ini, yang dalam sistem penjara di Indonesia telah terbukti mampu menjadi kontributor produktif dan positif bagi masyarakat.

Kejahatan mereka kini telah lama berlalu, hati dan pikiran mereka selamanya telah diubah oleh kejahatan mereka, pengadilan mereka, luka yang mereka timbulkan kepada orang yang mereka cintai, warga sebangsa mereka, rehabilitasi mereka, penyesalan mereka, rasa ketakutan yang tertanam dan melekat dari realitas yang menghancurkan dari kehidupan yang drastis, konsekuensi antara hidup dan mati, dan keinginan terdalam mereka untuk menjadi orang yang berbeda dan lebih baik dan jika tidak diampuni, mereka ingin diberi belas kasihan dan kesempatan untuk membuktikan diri.

Dalam dunia di mana yang buruk sering mengalahkan yang baik dan kejahatan dan hal-hal yang negatif akan lebih sering tampil dan menjadi lebih umum, kita butuh dan dapat menggunakan setiap orang untuk memilih membuat perbedaan, namun pilihan yang muncul yang bisa kita dapatkan, yang bisa kita selamatkan, bahwa kita bisa menyelamatkan dan menyisakan kehidupan orang-orang yang telah melihat dan belajar dari kesalahan mereka dan dengan berbuat demikian kita menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa kita mampu memaafkan dan memiliki belas kasihan, keberanian, kekuatan, dan kemanusiaan yang jauh lebih besar dari mereka yang berusaha mengalahkan dan menghancurkan kita.

Untuk tidak melakukannya, tidaklah hanya mengirimkan pesan melainkan pesan yang dingin, kejam dan ketidak pedulian tanpa harapan dan kebutaan dari kekuatan yang ada. Harap jangan menjadi jenis manusia seperti ini, jenis individu yang dibutakan oleh kekakuan dan tidak fleksibel dan mengabaikan kekuatan sejati Anda dan kebijaksanaan dengan tidak mengakui perubahan yang nyata, yang telah disaksikan dan dikonfirmasi oleh hampir semua orang yang telah terlibat dengan salah satu dari orang-orang ini selama penahanan mereka.

Memang benar saya tidak tahu orang-orang ini dan saya juga belum pernah bertemu mereka, tetapi kisah mereka telah menyentuh saya sangat dalam. Saya dan juga banyak orang lain bisa dengan mudah menemukan diri kami dalam posisi mereka yang malang dan posisi bersalah yang tak terbantahkan lagi. Orang membuat kesalahan, kadang kesalahan yang besar dan amat disesalkan, dan kadang-kadang lebih penting orang belajar dari kesalahan mereka dan membuat pilihan baru, berusaha dan berhasil dalam perubahan positif yang benar. Untuk tidak mengakui dan memberikan perubahan tersebut, kesempatan untuk membuktikan nilai itu, akan tampak dalam hal ini sebagai kejahatan yang lebih besar daripada kesalahan yang telah didakwakan kepada mereka.

Ini jelas bukan kasus pembunuhan berat, tak kenal ampun, pembunuh dengan kekerasan atau keserakahan tanpa memperhatikan kehidupan orang lain. Mereka bukanlah para penipu yang berbohong dan berpura-pura dalam perilaku mereka selama bertahun-tahun, hanya untuk kembali sebagai mereka yang dulu dan kini tidak lagi. Bahwa orang harus mati, murni sebagai contoh kepada orang lain, menurut pendapat saya mirip dengan penculikan atau teroris membunuh para sandra untuk menunjukkan maksud mereka dan agar tuntutan mereka dipenuhi. Dalam melaksanakan hukuman mati mereka, contoh yang ditampilkan di sini adalah salah satu keadilan yang kejam, di mana hukuman di tahap kehidupan terdakwa, berdasarkan rehabilitasi dan penyesalan yang tulus selama bertahun-tahun tidak lagi sesuai dengan kejahatan mereka yang asli.

Untuk membunuh orang-orang ini di bawah kondisi perubahan yang nyata, mereka ingin menjadi yang lebih baik, tampak seperti tindakan barbar, terbelakang dan benar-benar memalukan kebanggaan, ego, rasa takut dan prasangka, prasangka terhadap sistem Anda sendiri dan jiwa-jiwa orang yang telah melakukan apa yang telah dianggap kejahatan dari satu hari membuat kesalahan dan memiliki kesempatan untuk membuat hal yang benar dengan bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka, dan bukan dengan bagaimana mereka secara brutal dan diabaikan akhirnya dieksekusi.

Dalam kasus dan penundaan pelaksanaan eksekusi terhadap Mary Jane Fiesta Veloso, mengeksekusi mereka di anak tangga paling bawah dalam rantai perdagangan narkoba atau mereka yang tertangkap dalam jaringan perdagangan manusia yang mungkin tidak memiliki kemewahan representasi atau penterjemah  yang memenuhi syarat  selama persidangan mereka, tampaknya lebih dari tidak adil dan membuktikan apa? Bahwa sebuah pemerintah memilih untuk mengutuk mereka, yang tampaknya sedikit jika ada yang benar-benar peduli atau pernah peduli untuk memulai sesuatu? Seorang ibu yang cukup mungkin punya harapan yang tulus untuk membuat kehidupan yang lebih baik baginya dan anak-anaknya telah hancur dalam keadaan tragis dan dengan eksekusinya hanya membuat hal-hal buruk untuk keluarganya dan kesedihan bagi mereka yang jauh lebih benar-benar peduli.

Saya menyadari bahwa saya bukan siapa-siapa dan tidak ada urusan dengan Anda atau orang-orang dari pemerintah Anda dan bagaimana surat ini dibaca atau orang lain selain diri Anda yang berpikir bahwa surat ini tidak relevan. Hanya kehidupan tiga manusia ini yang penting sekarang. Saya mengatakan, saya tidak berbicara dengan bercanda atau pujian omong kosong ketika saya berbicara tentang bagaimana saya dan organisasi saya dipengaruhi oleh kehangatan yang tulus yang telah ditunjukkan kepada kita oleh masyarakat Indonesia selama pertunjukan kami dan selama tinggal di Jakarta.

Saya meminta Anda sekarang untuk menunjukkan kedalaman besar dari kemanusiaan dan kasih sayang sekarang untuk individu-individu ini dan menyangkal sifat haus darah dalam perang Anda melawan narkotika dan memberikan grasi kepada tiga orang ini dan menyelamatkan mereka dari eksekusi secara permanen, dan mengubah jalan hidup Anda sendiri dan tempat dalam negara Anda dan sejarah dunia. Tidak ada orang lain yang bisa melakukan apa yang Anda bisa lakukan dengan kekuatan Anda, dan itu adalah kekuatan untuk menunjukkan kebaikan dan belas kasihan, yang mana kemurahan rahmat benar-benar dihargai dan dihormati, tidak hanya bagi terdakwa, tetapi oleh seluruh dunia dan banyak pemimpin-pemimpinnya.

Beri mereka kesempatan untuk membuktikan bahwa Anda benar dengan menunjukkan bahwa di mana kematian mereka pada tahap ini hanya dapat membuktikan suatu hal yang tragis dan oleh semua yang terlibat dapat dihindari dan tidak perlu dilakukan. Anda telah menunjukkan yang Anda maksudkan dan mengobarkan ketakuran, baik di hati dan pikiran para terdakwa dan siapa pun, walaupun jauh, yang sedang mempertimbangkan pilihan yang buruk atau sudah terlibat dalam dunia tersebut (kejahatan narkotika). Kejahatan mereka tidak bersalah pada jam tangan Anda. Hidup adalah satu-satunya hal yang penting sekarang, bukan kematian tapi hidup.

Hormat saya,

W. Axl Rose

cc:
Sekretaris Negara AS, John Kerry
Duta Besar AS untuk Indonesia, Dubes Robert O. Blake Jr.
Duta Besar dan Perwakilan Tetap Republik Indonesia untuk PBB, Yang Mulia Mr.Rezlan Ishar Jenie
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Indonesia (Komnas HAM), Mr. Ifdhal Kasim,
Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Budi Bowoleksono

AWP

Dan ini kutipan asli surat dari Axle Roses untuk Presiden RI Joko Widodo:

April 27, 2015

President Joko Widodo
President of Republic of Indonesia
Istana Merdeka
Jakarta Pusat 10110, Indonesia

Mr. President,
Thank you for taking the time to read this letter. In 2012 I and Guns N' Roses were both fortunate and privileged enough to perform in your country in Jakarta for the Indonesian people where we enjoyed and were taken aback by the incredible warmth of the Indonesian fans during our performance and in meeting fans and people there wherever we went. It was a very special and exciting experience we are fortunate to have had and to have as fond memories. I would like to express our sincere thanks to your country for showing us such warm and enthusiastic hospitality.

The main concern of this correspondence is in regard to the impending executions of Andrew Chan and Myuran Sukumaran of the group referred to as the Bali Nine and of Mary Jane Fiesta Veloso. In following their stories in regard to particular comments made in their regard by the Attorney General of Indonesia that their efforts and those of their representatives through the courts "are just buying time" I feel with all due respect compelled to ask why a government official derides the efforts of anyone trying to save their own life or the lives of others through proper legal channels? And if or why the government of Indonesia condones such comments by its officials?

As all three are still alive these are clearly not cases where nothing can or should be done by those who care to do their utmost in efforts to spare them. Under the circumstances it would seem that if they are executed regrettably the Indonesian government becomes the more offensive criminal.
I appeal to you Mr. President, Mr. Joko Widodo to use your power in ways to strengthen international relationships between your country and others, to show your country's strength and allow the world to witness an extraordinary act of humanity and bravery on yours and your country's part.

To show each of us that there can be hope and true redemption in times of hopelessness and despair, that rehabilitation and turning one's life around is not just for one's place in what if any afterlife there may be or one believes in but here on this earth where it can do each of us the most good in this life now. Where true justice is better achieved in not killing, not ending the lives of and not destroying others but instead in this case, this situation, right now in this moment in your hands in sparing the lives of these two able bodied young men who've proven in the Indonesian prison system they are more than capable of being productive and positive contributors to society.

Their crimes were now long ago, their hearts and minds forever changed by their crimes, their trials, the hurt they've caused their loved ones, their countrymen, their rehabilitation, remorse, the lasting and deeply embedded fears of the crushing reality of very real and drastic life and death consequences and their deepest desires to become different and better people and if not to be forgiven to be shown mercy and given the opportunity to prove themselves.

In a world where the bad often outweighs the good and evil and negativity would appear more and more prevalent we need and can use every person choosing to make a difference however that choice came about that we can get, that we can save, that we can salvage and we can spare the lives of including those who have seen and learned from the errors of their ways and in doing so we show the entire world that we are capable of forgiveness and mercy, a much greater sense of courage, strength and humanity and being so much more than that which seeks to overcome and destroy us.

To not do so does not send as much a message of deterrence but rather a cold, cruel and uncaring message of hopelessness and blindness by the powers that be. Please do not be this type of man, this type of individual blinded by rigidity and inflexibility and ignoring your true power and wisdom by not acknowledging true change verified, witnessed and confirmed by virtually all who've been involved with either of these men during their incarceration.

It's true I do not know these men nor have I met them but their story has touched me deeply. I as well as many others could easily have found ourselves in their unfortunate and unarguably self-inflicted position. People make mistakes, sometimes big and horribly regrettable mistakes and sometimes more importantly people learn from their mistakes and make new choices, strive and succeed at true positive change. To not acknowledge and give such change the opportunity to prove it's value would seem in this case a greater crime than those originally committed.

This is clearly not a case of hardened, unrepentant, violent or greed driven killers with no regard for the lives of others. They are not con men lying and faking their behavior over all these years only to return to the people they once were and are no longer. That these individuals must die purely as an example to others is in my opinion akin to a kidnapper or terrorist killing hostages to make their point and have their demands met. In carrying out their death sentences the example shown here is one of draconian justice where the punishment in this stage of the condemned's lives by virtue of their rehabilitation and genuine remorse over all these years no longer fits the original crime.

To kill these men under these conditions of their profound and proven change for the better seems a barbaric, backward and truly disgraceful act of pride, ego, fear and prejudice, prejudice against your own system and the souls of anyone who has committed what's been deemed a crime from one day making amends and having the opportunity to make things right by how they live their lives and not how they are brutally and with disregard executed.

In the case and impeding execution of Mary Jane Fiesta Veloso executing those on the bottom rungs of the ladder in the chain of drug trafficking or those caught in the web of human trafficking who may not have had the luxury of qualified representation or even proper translators during their trial seems more than unfair and proves what? That a government chooses to condemn those that it would appear few if anyone truly cares about or has ever cared about to begin with? A mother who's quite possibly sincere hopes of making a better life for her and her children have been destroyed in a tragic circumstance and with her execution only makes things worse for her family and the sorrow of those who do care that much greater.

I realize I am no one and no one to get involved with your affairs or those of your government and how this letter reads or anyone other than yourself thinks of it is irrelevant. Only the lives of these three human beings are what's important now. That said I did not speak in jest or empty flattery when I spoke of how I and my organization were affected by the depth of warmth shown us by the Indonesian people during our performance and stay in Jakarta.

I ask you now to show such great depth of humanity and compassion now to these individuals and to deny your bloodlust in your war on drugs and grant clemency to these three individuals and give them a permanent stay of execution and to change the course of your own life and place in both your country's and world history. No other can do what you alone have the power to do and that is the power to show benevolence and mercy where mercy can be truly appreciated and given it's proper respect not only by the condemned but by the entire world and it's many leaders.

Give them a chance to prove you right by living where their deaths at this stage can only prove tragic and by all involved avoidable and unnecessary. You've made your point and struck fear in both the hearts and minds of the condemned and anyone even remotely considering bad choices or already involved in those worlds. Their crimes were not committed on your watch. Life is the only thing important now, not death but life.

Sincerely,

W. Axl Rose

cc:
U.S. Secretary of State, John Kerry
U.S. Ambassador to Indonesia, Ambassador Robert O. Blake Jr.
Ambassador and Permanent Representative of the Republic of Indonesia to the United Nations, His Excellency Mr.Rezlan Ishar Jenie
National Commission on Human Rights of Indonesia (Komnas HAM), Mr. Ifdhal Kasim, Chairman
Ambassador to the United States, Budi Bowoleksono
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers