Pin It

13 February 2015

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 11:49

Penasaran Logat Jawa Di Suriname ? Simak Streaming Radio Garuda Suriname NV

Selama ini kita tahu bahwa negara Suriname mempunyai penduduk asal Jawa yang lumayan banyak. Tercatat, 32.976 orang berpindah ke Suriname sepanjang tahun 1890-1939. Sebagian besar adalah orang Jawa. Dari jumlah itu, sebanyak 7.648 orang kembali ke Indonesia sebelum Perang Dunia II.

Kapal yang membawa para migran Jawa kembali dari Suriname pada 1954 (Foto KITLV)
Lalu pertanyaanya adalah? Apakah orang-orang di suriname berbicara menggunakan bahasa jawa? Jawabanya adalah Ya, Di Suriname, Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat, terutama masyarakat jawa di Suriname (Selain bahasa Jawa, masih ada bahasa India, Belanda, Britis, dan juga Mandarin). 

Lalu, Apakah logat bahasa jawa yang digunakan masyarakat keturunan jawa di Suriname sama dengan bahasa Jawa yang sering digunakan oleh warga asli jawa? ternyata hampir sama persis dengan yang digunakan oleh orang jawa asli, hanya saja ada beberapa kosakata yang digantikan dengan bahasa Belanda, selain itu, pengucapanya pun terdengar sedikit ke-britis-britisan. Bahasa Jawa yang digunakan oleh kebanyakan keturunan jawa di Suriname adalah bahasa Jawa Ngoko alias bahasa jawa kasar, hanya ada beberapa warga keturunan jawa yang menguasai bahasa jawa kromo. Hal ini dikarenakan karena sabagian besar warga jawa di Suriname adalah penduduk pribumi (Yang menguasai bahasa Jawa Kromo pada jaman dulu sebagian besar adalah golongan Priyayi atau bangsawan kraton).  

Oh ya, kalo anda penasaran dengan bagaimana logat bahasa Jawa orang Suriname, anda bisa mendengarkan streaming radio suriname bahasa Indonesia dari Radio Garuda Suriname NV, Silahkan Klik Disini untuk mendengarkan streamingnya. Dan coba bandingkan sendiri bahasa Jawa Suriname dengn bahasa jawa asli.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers