Pin It

26 February 2015

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 20:49

Batuan Dasar Laut Di Puncak Gunung Lawu

Gunung Lawu yang letaknya berada di perbatasan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur banyak menyimpan misteri. Gunung ini yang termasuk dalam Seven Summits Of Java sebelum bernama Lawu dahulu bernama Wukir Mahendra. Tak hanya itu, Gunung tertua di Pulau Jawa itu termasuk kedalam pegunungan purba. Tak heran bila banyak pihak ingin sekali naik ke puncak Gunung Lawu


Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi DIY, ( BPPTK ) Subandrio menyebutkan, bila Gunung Lawu itu memang pernah mengalami erupsi sangat dahsyat dibandingkan gunung berapi lainnya di Indonesia. Hanya saja, Subandrio tidak bisa memastikan kapan erupsi Gunung Lawu tersebut terjadi. Berdasarkan catatan kegunungapian, gunung yang memiliki ketinggian 3.265 Mdpl itu sejak tahun 1600 lalu tak masuk dalam catatan gunung berapi yang pernah mengalami erupsi. Selain dari segi keilmuan, walaupun Lawu termasuk gunung berapi namun saat ini masuk dalam kategori 'gunung tidur'. Banyak menarik minat dari para spirutual untuk mengupas sejarah dari Lawu.
Tabir misteri Gunung Lawu ini unik dan sangat berbeda dari gunung api lainnya di Indonesia. Salah satu keunikannya yaitu di atas puncak Gunung lawu banyak sekali ditemukan bebatuan persis bebatuan yang ada di dasar laut. 




Batu karang di atas puncak Gunung Lawu tersebut menandakan bila beribu - ribu tahun saat daratan di Bumi ini satu dengan lainnya masih menyatu, Gunung Lawu diduga berada di dasar laut.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers