Pin It

24 September 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:10

Perjalanan Menegangkan Pekalongan - Banjarnegara Via Karangkobar

Pengalaman perjalanan yang takkan terlupakan bersama mas Windu dari NESSA COMP, route Pekalongan Banjarnegara melalui pegunungan Karangkobar yang ada diantara dua kabupaten tersebut. Perjalanan yang cukup menegangkan bagi pejalan perdana, route sepanjang 64 Km, ditempuh dalam waktu 3 jam dengan menapaki bukit pegunungan yang ditelusuri dalam 769 tikungan.  Tahap Pertama dari Pekalongan menuju tepi bukit, jalan terasa nyaman dan tidak begitu sepi. Sebelum menapaki kaki bukit mengisi bensin terlebih dahulu.

Perjalanan mulai memasuki kaki bukit, dengan penuh harapan agar semua berjalan lancar. Bayangan jalan yang ada sebelumnya, paling tidak jauh berbeda  seperti di jalur Jogja-Wonosari, Wonogiri-Pacitan, Bandung-puncak, Wangon-Banjar, kediri-malang, Ciamis-Tasikmalaya-Nagrek. Ternyata semua bayangan itu jauh berbeda, dan sangat mengejutkan, karena jalannya yang sebelumnya lebar menjadi menyempit dan cukup untuk dua mobil dengan tikungan-tikungannya yang  tajam dan sangat sering. Pemandangan didominasi pepohonan tinggi dan tanpa lampu penerangan jalan dan rambu-rambu lalulintas. Mungkin DLLAJR akan pusing karena terlalu banyak yang harus dipasang, padahal itu penting bagi sopir yang baru pertama lewat seperti saya. Jalan lurus sangat sering tidak lebih dari 100m sudah berbelok ke tikungan.

Perjalanan kami  memang terasa surprise yaitu merupakan route pertama, tanpa pengetahuan keadaan jalan, menempuh lebih dari 700 tikungan, penuh syukur karena kendaraan tidak mengalami kerusakan dan semua penumpang tetap sehat. Mental sopir memang harus kuat disaat melewati setiap tikungan karena tidak jarang tikungan-tikungan tajam ditemui disertai jalan naik turun.

Perjalanan diteruskan menuju Banjarnegera dengan penuh berat hati, karena bayangan sulitnya perjalanan sepanjang 20 km sebelumnya. Hati ditetapkan dan dikuatkan bahwa akan menempuh dengan kesabaran dan waspada serta hati-hati agar setiap km dapat dilalui dengan selamat. Kembali tikungan, kegelapan, kabut dan curamnya tanjakan dan turunan harus kita lewati dengan ketenangan. Semua penumpang kita kondisikan agar tenang dan  berdo’a.

Didaerah sini kita istirahat dulu disebuah sungai yang airnya sangat jernih.

Daerah yang kita temui selanjutnya yaitu KARANG KOBAR. Keramaian terakhir sebelum Banjarnegara.
Akhirnya dengan waktu tempuh 110 menit mampu menempuh 46 km, kota Banjarnegara betul-betul kita temui. Kenikmatan kita rasakan begitu kami sadari dan yakini  bahwa keramaian dan kehidupan kita temukan adalah betul bahwa kehidupan malam dipenuhi warga Bota banjarnegara.

Anda tertantang dengan perjalanan yang penuh belokan silakan coba rute ini...

Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

29.Belok kanan menuju Raya Wonodadi
0,2 km
Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Instagram
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.