Pin It

25 September 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 22:14

Dawet Ireng Timur Jembatan Butuh Purworejo

Buat kalian yang suka kuliner nyobain makanan dan minuman saat bepergian atau travelling, yang satu ini recommended untuk dicoba, Dawet Ireng Jembatan Butuh. Lapak dawet ini terletak di sebelah timur jembatan Butuh, Purworejo. Konon kabarnya, dawet ireng ini awal mulanya dipasarkan sama Mbah Ahmad sekitar tahun 1950.



Dawet ireng ini minuman berjenis dawet tapi dengan cendol yang berwarna hitam legam.  Proses pembuatannya sangat alami yaitu diolah dengan tangan dan nggak pake bahan pewarna. Pewarna hitam buat cendol dibikin dari daun padi kering (oman) yang dibakar hingga menjadi abu, kemudian abu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam.  Sedangkan cendolnya dibuat dari sagu bukan dari tepung beras seperti cendol hijau biasa. Pemanisnya menggunakan gula aren. Ada keunikan dalam penyajian dawet ireng ini, yaitu pemerasan santan dari parutan kelapa langsung yang dapat dilihat oleh pembeli dan jumlah cendol ireng yang jauh lebih banyak dibanding kuahnya (santan dan air gula aren).


Harganya berapa? Gak mahal & gak perlu bongkar dompet, dawet ireng ini dibandrol cuma Rp 2.500,- saja per mangkok. Murah banget dibanding kenikmatan yang didapat… Kalau  beli jangan lupa antri ya, banyak pembelinya soalnya. Gak jarang mobil plat B maupun luar kota lainnya yang markir buat nyobain dawet ireng ini.


Buat kalian yang lagi travelling atau mudik atau sekedar lewat di jalur selatan Kebumen – Purworejo – Jogja, mampirlah sejenak melepas lelah sambil menikmati dawet ireng jembatan Butuh. Inget ya, sebelah timur jembatan Butuh langsung di tempat aslinya karena gak buka cabang…
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers