Pin It

06 July 2011

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 11:53

Metode Sederhana Hemat BBM





 
      Bensin subsidi di batasi ? Enggak usah sedih berkepanjangan. Mending lakukan sesuatu sebagai langakah antisipasi. Melalui metode sederhana dan menghapus kebiasaan buruk dan membiasakan melakukan hal-hal yang lebih efisien. Berikut beberapa tips yang bisa di lakukan.

INSPEKSI AWAL
      Lakukan setiap pagi,cek kondisi aki. Sebab jika aki lemah,memaksa kita menstarter berulang-ulang dan ini menyebabkan konsumsi BBM akan meningkat. Ingat,energi terbesar dikeluarkan justru saat starter.

STASIONER
      Memanaskan mesin terlalu lama bikin boros BBM dan berdampak negatif pada mesin. Idealnya memanaskan mesin tak lebih dari 3 menit.

TEKANAN BAN
      Jika kurang,akan bikin permukaan roda melebar,ini mengakibatkan friksi roda ke jalan lebih besar. Membuat kendaraan butuh tenaga lebih gede pula. Tekanan angin sesuai sanggup menghemat 1/3 konsumsi BBM.

HINDARI MACET
      Macet,membuat biaya pengeluaran lebih besar dibanding saat lancar.

KECEPATAN MODERAT
      Jaga kecepatan mobil pada kecepatan sedang 45 - 60 Km/jam. Jika perlu,lakukanlah akselerasi bertahap. Sebaiknya jaga putaran mesin pada 2000 - 3000 RPM pada kecepatan 45 - 90 Km/Jam.

PENGEREMAN
      Kebiasaan ngerem mati bikin mesin butuh energi lebih besar saat harus recovery terhadap kecepatan yg diinginkan. Pedal gas harus di injak lebih dalam dan bikin boros BBM. Sebaiknya gunakan pandangan aman sehingga pola penggunaan rem atau perlambatan yg mendadak bisa di hindari.

PERPINDAHAN GIGI
      Penghematan BBM juga sangat terbantu dengan penggunaan gigi transmisi yg benar. Lakukanlah perpindahan gigi 1/2 dari perpindahan gigi maksimum pada tiap gigi yang di rekomendasi pabrik. Penggunaan gigi terlalu lama akan memboroskan BBM. Makanya,jika kecepatan sudah meninggi,gunakan gigi lebih tinggi.       
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers